Training of Trainer (ToT) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM

Guna peningkatan mutu pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Palangka Raya (UPR) periode pertama tahun 2017, sepakat untuk ditingkatkan.

Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPR menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan tujuan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh DPL dalam membimbing mahasiswa selama mengikuti Program KKN-PPM.

“Tujuan TOT ini adalah memberikan bekal bagi para Dosen untuk memdapingi para mahasiswa peserta KKN-PPM dalam melaksanakan tugas dan program mereka dilapangan, agar KKN kali ini akan lebih berkualitas, lebih bermanfaat bagi masyarakat dan berinovasi dengan membuahkan hasil yang maksimal,” ucap Ketua LPPM UPR, Prof Dr Komang Gde Suastika MSi.

Prof Komang menjelaskan tugas DPL adalah mendampingi mahasiswa peserta KKN-PPM mulai dari orientasi dan pengamatan wilayah (Survei), memperlancar proses pendekatan sosial ke masyarakat, menjadi penghubung antara mahasiswa dengan masyarakat dan pemerintah, membangun timbulnya kreatifitas, menampung permasalahan dan hambatan yang dihadapi, memantau, mengendalikan, mengarahkan dan mengawasi kegiatan, membimbing pembuatan laporan dan melakukan evaluasi.

”KKN inikan mata kuliah, DPL itulah Dosennya. Tugas DPL adalah membimbing, mengarahkan, ada metodelogi yang dibutuhkan mahasiswa dalam setiap langkah operasional KKN itu, DPL lah yang memberikan. Oleh karena itu kita (LPPM) merasa perlu memberikan bekal bagi DPL dalam melaksanakan pendampingan,” katanya.

Sementara Ketua Panitia ToT DPL, Prof Dr Ir Saputra MSi mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (14/3) itu diikuti oleh 18 Dosen di lingkungan Kampus terbesar di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan KKN-PPM Periode Pertama UPR tahun 2017 akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya dengan jumlah peserta 903 orang.

Program KKN-PPM tahun 2017, ditekankan pada pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Masing – masing peserta dan kelompok KKNPPM dituntut untuk menggali potensi – potensi di masyarakat untuk disusun dalam program yang ia kerjakan selama kegiatan tersebut.

“Penjaringan Peserta KKN-PPM UPR tahun ini dengan Sistem Online. Pihak panitia telah membuat terobosan baru berupa website LPPM UPR, selain untuk mahasiswa mendaftar KKN, dalam website tersebut, juga bisa dilihat informasi-informasi terkait LPPM UPR,” ungkapnya.

Be the first to comment on "Training of Trainer (ToT) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM"

Leave a comment