LPPM UPR Gelar Pelatihan Metodologi Penelitian

Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam melaksanakan sebuah penelitian, menyusun usulan penelitian serta mempresentasikan hasil-hasil penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPPM UPR) mengadakan Pelatihan Metodologi Penelitian dan Penyusunan Proposal Penelitian bagi dosen atau peneliti di lingkungan UPR.
Kegiatan yang diikuti 50 Dosen di lingkungan UPR itu mendatangkan pembicara dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) untuk menyampaikan beberapa materi, terkait Buku Panduan edisi XI tahun 2017 yang dikeluarkan Kemenristek Dikti.
“Kemenristek Dikti baru saja merilis buku panduan Edisi XI tahun 2017. Edisi baru ini dengan edisi X tahun 2016 sangat berbeda, oleh karena itu kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk memberi pemahaman bagi para dosen yang ingin melakukan penelitian,” ucap Sekretaris LPPM UPR, Prof Dr Ir Saputra MSi.
Saputra menjelaskan, saat ini Kemensitek Dikti RI menyediakan banyak dana yang akan dihibahkan bagi para dosen yang ingin melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Untuk mendapatkan dana hibah tersebut, para tenaga pengajar di perguruan tinggi (Dosen) harus membuat proposal yang memenuhi aturan dan syarat yang ditentukan oleh pihak pusat dan itu akan dipelajari dalam pelatihan ini.
“Dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatakan jumlah penerima dana hibah Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dimana kami menilai bahwa potensi para dosen ini sangat besar untuk mendapatkan dana tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu Ketua LPPM UPR Prof Dr Komang Gde Suastika MSi saat membuka kegiatan yang berlangsung sejak 2-4 Mei 2017 itu bertujuan untuk meningkatkan kapasistas dosen sebagai upaya persiapan penyusunan proposal penelitian.
Selain itu juga dalam rangka membekali pengetahuan dosen dalam penelitian tentang metodologi penelitian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peneliti, sehingga kualitas dan kuantitas proposal penelitian di lingkungan Universitas Palangka Raya meningkat.
“Kemampuan dan ketrampilan ini sangat diperlukan oleh dosen agar dapat memenangkan dana penelitian yang dikompetisikan. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan baru bagi dosen dalam merancang sebuah penelitian yang dapat digunakan baik dilingkungan akademis maupun di luar akademis sesuai kaidah-kaidah sebuah penelitian ilmiah yang berlaku,” pungkasnya.

Be the first to comment on "LPPM UPR Gelar Pelatihan Metodologi Penelitian"

Leave a comment