SALAH SATU KEGIATAN KELOMPOK KKN-T UPR PERIODE II TAHUN 2020 DI DESA PURWODADI, YAITU KELOMPOK 73 DI KABUPATEN PULANG PISAU

lppm.upr.ac.id-Tidak perlu menunggu lama, kelompok 73 yang ditempatkan di Desa Purwodadi Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau dalam minggu pertama KKN langsung melaksanakan program-program kerja yang telah disepakati bersama.

Dimulai dari kegiatan pengembangan protokol kesehatan untuk menghadapi pandemic Covid 19 yaitu kegiatan sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standar WHO dan membagikan masker kepada warga – warga yang tidak menggunakan masker di pasar desa. Pembagian masker juga diikuti dengan sosialisasi secara langsung kepada warga penerima masker mengenai pentingnya penggunaan masker.

Selain itu untuk meningkatkan ketahanan pangan, bersama warga kelompok 73 melakukan kegiatan pembersihan lahan pekarangan desa, lahan pekarangan tersebut rencananya akan ditanami dengan tanaman jeruk nipis dan tanaman pekarangan lainnya.

Selanjutnya dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun, bersama warga kelompok 73 melaksanakan beberapa perlombaan untuk anak – anak desa yaitu lomba mencuci tangan, lomba makan kerupuk dan lomba sepakbola. Tentu saja pelaksanaan lomba dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Warga Desa Purwodadi sangat mendukung program – program kerja yang telah dilaksanakan terutama kegiatan perayaan HUT RI ke 75 tahun. Demikian pula mahasiswa (i) yang tergabung dalam kelompok 73 sangat antusias, selain menambah kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya, KKN juga menjadi sarana untuk menambah pengalaman dan pengetahuan.