Tutorial Pembuatan Pestisida Nabati oleh Kelompok 39 KKN – T Tahun 2020 Universitas Palangka Raya.

lppm.upr.ac.id-Dalam rangka implementasi salah satu sub tema KKN-T Universitas Palangka Raya Tahun 2020 yaitu Ketahanan Pangan, kelompok 39 membuat video tutorial pembuatan pestisida nabati. Dengan menggunakan bahan utama yang mudah ditemui yaitu bawang putih, pestisida nabati ini sangat mudah dibuat namun cukup efektif untuk mengendalikan hama tanaman seperti ulat, hama pengisap, bakteri dan jamur.

Proses pembuatannya sangat mudah, yaitu bawang putih dihaluskan kemudian dicampurkan dengan minyak sayur dan di-fermentasi selama 24 jam. Baru kemudian dicampurkan dengan air dan deterjen bubuk. Fungsi deterjen bubuk dipestisida ini adalah sebagai perekat agar pestisida dapat menempel pada permukaan daun/tanaman.

Kelompok 39 mengkombinasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti perkuliah dengan kemajuan teknologi yang berkembang saat ini dengan membuat video tutorial pembuatan pestisida nabati ini dan mengupload di platform internet yang sangat besar saat ini yaitu YouTube. Silahkan tonton video selengkapnya di link berikut ini.