Sejarah LPPM

Sejarah Lembaga

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya dirintis pembentukannya sejak tahun 1973. Pada awalnya berdiri, unit yang bertugas menangani tugas – tugas di bidang penelitian di lingkungan Universitas Palangka Raya ini diberi nama Pusat Ilmiah untuk Pembangunan Daerah (PIPD) berdasarkan Surat Keputusan Presidium Universitas Palangkaraya Nomor: 32/KPTS-Unpar/IV/73, tanggal 20 September 1973.

Karena lingkup dan cakupan tugas Universitas Palangka Raya makin berkembang, PIPD diberikan tugas tambahan dibidang pengabdian kepada masyarakat yang diberi nama Balai Pengabdian Kepada Masyarakat. Berdasarkan pertimbangan tersebut, melalui surat keputusan Presidium Universitas Palangkaraya Nomor: 1012/PT/31.1/C/V/79, tanggal 1 Agustus 1979, PIPD dirubah namanya menjadi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM). Pada awal terbentuknya, LPKM masih bergabung dengan Lembaga Penelitian Universitas Palangka Raya. Berdasarkan Peraturan pemerintah No. 5 tahun 1980, tentang Struktur Organisasi Universitas/Institut Negeri di seluruh Indonesia melalui SK Mendikbud No. 0153/O/1983, maka pada tanggal anggal 5 Maret 1983 LPKM di pisahkan menjadi 2 (dua) yakni: (a) Balai Penelitian dan (b) Balai Pengabdian Kepada Masyarakat.

Seiring dengan perubahan organisasi dan tata kerja Universitas Palangka Raya yang diatur melalui surat keputusan Mendikpud Nomor: 098/O/1993 tanggal 27 Februari 1993, tentang Organisasi dan Tata kerja Universitas Palangka Raya maka Balai Penelitian Unpar diubah namanya menjadi Lembaga Penelitian dan Balai Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, yang ditetapkan dengan SK Rektor Universitas Palangka Raya No. 812/PT31.H/C/VI/94, tanggal 12 Oktober 1994.

Selanjutnya melalui Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 47 Tahun 2015, tanggal 31 Desember 2015 tentang Organisasi Tata Kerja Universitas Palangka Raya yang tercantum pada pasal 74 tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) di Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai institusi pelaksana terdepan dalam pengembangan dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini dituntut untuk berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa dengan kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang pada akhirnya upaya menyelesaikan dan mengatasi masalah bangsa dan masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya.