LITERASI KEUANGAN: SDM UPR UNGGUL UNTUK PENGABDIAN MASYARAKAT

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat SDM Unggul Universitas Palangka Raya dan Bank Mandiri sebagai mitra sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Literasi Keuangan: Menjelajahi Dunia Kartu Kredit dan Kredit dengan Bijaksana”, Jumat (4/11/2023). Kegiatan ini dilaksanakan secara luring (Offline) di Lecture Theater A Lantai 6 Gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PPIIG) Universitas Palangka Raya dan dibuka oleh Direktur PPIG Universitas Palangka Raya, Hendrik Segah, Ph.D. melalui opening speech yang disampaikan secara luring. Sambutan juga turut disampaikan oleh Ketua Tim pengabdian Puput Iswandyah Raysharie, SE., MM.

Pada kegiatan sosialisasi ini, mengundang 3 keynote speaker dari Bank Mandiri yaitu Theresia Rante Lembang, S.Kom., Bagus Priyonoto, S.E. dan Indrasindi Pradita, S.Pd.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat SDM Unggul merupakan agenda kegiatan yang didanai oleh LPPM Universitas Palangka Raya sebagai wadah publikasi hasil riset para ilmuwan, akademisi dan peneliti, untuk saling bertukar dan berbagi pengalaman guna menjawab tantangan teknologi yang berkembang pesat dan memainkan peran besar dalam kehidupan. Pada kegiatan sosialisasi ini, mengundang 3 keynote speaker dari Bank Mandiri yaitu Theresia Rante Lembang, S.Kom., Bagus Priyonoto, S.E. dan Indrasindi Pradita, S.Pd.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi, literasi keuangan menjadi semakin penting dalam menjaga stabilitas finansial. Kemampuan untuk memahami dan mengelola kartu kredit serta kredit dengan bijaksana adalah keterampilan kunci yang harus dimiliki oleh setiap individu. Oleh karena itu, pada kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek penggunaan kartu kredit dan kredit.

Bank Mandiri, salah satu bank terkemuka di Indonesia, menjadi mitra utama dalam acara kegiatan tersebut. Para narasumber dari Bank Mandiri berbagai pengetahuan dan sumber daya yang sangat berharga dalam hal keuangan dan perbankan, sehingga hal ini bisa dijadikan contoh nyata kolaborasi yang baik antara sektor akademik dan industri, yang bertujuan memberikan pengetahuan praktis kepada peserta.

Acara ini terdiri dari beberapa sesi yang berfokus pada topik-topik penting dalam literasi keuangan. Pertama pengantar Kartu kredit dan kredit, pada sesi pembuka memberikan pemahaman dasar tentang kartu kredit, kredit, dan peran mereka dalam kehidupan sehari-hari, kemudian manajemen penggunaan kartu kredit yang bijaksana dimana peserta mendapatkan wawasan tentang cara menggunakan kartu kredit dengan bijaksana, termasuk manajemen tagihan dan pemahaman tentang tingkat bunga dan yang terkahir adalah manajemen kredit yang efektif ini berfokus pada manajemen kredit, termasuk cara mengelola utang dan memahami dampak kredit pada skor kredit.

Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan positif dari peserta, mereka sangat menghargai wawasan dan informasi yang diberikan oleh para ahli dari Bank Mandiri, serta kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada para pakar keuangan.

Sosialisasi “Literasi Keuangan: Menjelajahi Dunia Kartu Kredit dan Kredit dengan Bijaksana” di Gedung PPIG Universitas Palangka Raya dengan dukungan Bank Mandiri adalah contoh bagus bagaimana literasi keuangan menjadi elemen penting dalam membantu individu mengelola keuangan mereka dengan bijaksana. Pengetahuan yang diperoleh dari acara ini dapat membantu peserta dalam mengambil keputusan keuangan yang lebih cerdas dan membangun masa depan finansial yang lebih stabil.

Sumber : https://www.tabengan.co.id/








Total Kunjungan:

433052

Total Kunjungan

Pengunjung Hari Ini

721

Total Pengunjung Kemarin

3205

Total Pengunjung Minggu Lalu

144350

Total Pengunjung Perbulan

36087

Total Pengunjung Perhari

3

Total Pengunjung Sedang Online