PEMBUKAAN DAN PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) REGULER PERIODE II UNIVERSITAS PALANGKA RAYA TAHUN 2023


Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Palangka Raya pada Jum’at, 03 Nopember 2023 menggelar Pembukaan dan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Palangka Raya. Pembekalan dilakukan secara daring dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KKN Reguler, Dosen Pembimbing Lapangan, serta Panitia. Pada Tahun 2023 ini, kegiatan KKN yang mengusung tema “UPR Berkontribusi, Desa Berinovasi” disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana KKN Universitas Palangka Raya, Dr. Firlianty, S.Pi., M.S, diikuti sebanyak 990 mahasiswa selama satu bulan dari 16 Nopember 2023 sampai dengan 16 Desember 2023, nantinya akan tersebar di Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau dan Kapuas.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Palangka Raya, Dr. Ir. Evi Veronica, M.S, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau, dan Kapuas. Ketua LPPM UPR juga menyampaikan bahwa KKN dengan tema UPR Berkontribusi, Desa Berinovasi dapat dikembangkan sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat desa (empowerment tools) yang melibatkan unsur-unsur pemerintah, pemerintah daerah, perguruan tinggi, swasta dan pemerintah desa.  Merupakan pendekatan intervensi sosial yang lebih menekankan pada aspek ‘proses’. Dampaknya akan dapat dilihat pada jangka panjang baik peningkatan kapasitas desa maupun sumber daya manusia (regenerasi) yang memahami konteks perdesaan atau lebih di kenal dengan Program SDGs Desa (Sustainable Development Goals Desa) sebagai acuan pembangunan di Perdesaaan bersama UPR.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, sebelum membuka secara resmi kegiatan pembekalan menyampaikan bahwa Salah satu program LPPM adalah Kuliah Kerja Nyata, yaitu merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan KKN diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan.

Total Kunjungan:

433124

Total Kunjungan

72

Pengunjung Hari Ini

721

Total Pengunjung Kemarin

3205

Total Pengunjung Minggu Lalu

144374

Total Pengunjung Perbulan

36093

Total Pengunjung Perhari

3

Total Pengunjung Sedang Online