UPAYA TIM PDPPM – LPPM UPR JAGA KETAHANAN PANGAN DAN CEGAH KRISIS PANGAN

Sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan untuk menghindari adanya krisis pangan, Tim PDPPM dan LPPM UPR melakukan kegiatan Pelatihan Urban Gardening kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Ketua Tim PDPPM UPR, Amiany, ST., MT mengatakan bahwa Urban Gardening adalah sebuah konsep berkebun di lahan perkotaan  yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi konsumsi makanan yang bergizi dan untuk mengurangi pengeluaran keluarga.

Dikatakanya, bahwa pemerintah berusaha mendorong dan memotivasi masyarakat yang tinggal di perkotaan untuk melakukan gerakan lingkungan hijau melalui program-program pemerintah.

“Selain peran pemerintah, masyarakat juga dapat ikut andil dalam menjaga ketahanan pangan untuk menghindari adanya krisis pangan. Masyarakat memiliki peluang untuk membangun kedaulatan dan kemandirian pangan. Urban Gardening yang bertujuan disamping untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari juga untuk menciptakan lapangan kerja baru sektor non formal,”ucapnya.

Didasarkan hal tersebut, menurut Amiany, pola tanam media hidroponik menjadi salah satu alternatif yang baik bagi warga kota yang bermukim di lahan terbatas agar tetap dapat bercocok tanam di lingkungan rumahnya.

“Tim PDPPM juga mengapresiasi keterlibatan aktif kelompok Mitra dan menjadikan kelompok ibu rumah tangga hunian barak RT.002/RW.003 Kelurahan Bukit Tunggal sebagai Kelompok binaan PDPPM Universitas Palangka Raya. Terima kasih juga kepada LPPM UPR yang telah mendukung kegiatan ini dari awal hingga saat ini,”ucap Amiany didampingi 2 anggota tim lainnya yaitu Dr.Ir. Ruben Tinting Sirenden., M.Si dan Ave Harysakti, ST., MT.

Lanjutnya, Pelatihan Urban Gardening ini telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu dan diikuti oleh sepuluh IRT yang tinggal di hunian Barak RT.002/RW.003 Kelurahan Bukit Tunggal. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pengenalan alat dan bahan urban gardening dengan pola tanam media sederhana kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung penanaman sayuran bayam, kangkung , tomat dll di media tanam hidroponik.

Sementara itu, Ketua RT.002/RW.003 Kel. Bukit Tunggal, Sudiyono mengaku mendukung penuh kegiatan ini, mengingat di kawasan barak ini banyak dihuni ibu-ibu rumah tangga usia produktif tanpa ketrampilan yang memadai namun memiliki minat yang sangat besar untuk terlibat di kegiatan pemberdayaan seperti ini.

“PDPPM yang melibatkan kelompok ibu rumah tangga ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya penerapan edukasi dan ketahanan pangan di Kelurahan Bukit Tunggal,”ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan pendampingan mitra yang dilakukan oleh Tim PDPPM UPR masih berjalan hingga saat ini, untuk melihat hasil perkembangan kegiatan PDPPM dan memacu keberlanjutan program PDPPM kedepannya.

Total Kunjungan:

433390

Total Kunjungan

338

Pengunjung Hari Ini

721

Total Pengunjung Kemarin

3205

Total Pengunjung Minggu Lalu

144463

Total Pengunjung Perbulan

36115

Total Pengunjung Perhari

4

Total Pengunjung Sedang Online