BPBD DAN UPR SUSUN DOKUMEN KAJIAN RESIKO BENCANA

Dua orang dari tujuh orang tim ahli penyusun dokumen kajian resiko bencana kabupaten Katingan Tahun 2024-2028, dari UPR yakni Dr. Ir. Wilson Daud, M.Si dan Dr. Ir. Evi Veronica, M.S. bersama Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan Markus, S.Pd., M.PH dan Kabid Kebencanaan Andi Sentosa di depan Kantor BPBD Katingan Senin, 31 Juli 2023.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan dan Universitas Palangka Raya (UPR) tandatangani kerjasama penyusunan Dokumen Kajian Resiko Bencana tahun 2024-2028 Senin, 31 Juli 2023.

Kerjasama tersebut, antara BPBD setempat dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi UPR sub Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Adapun beberapa bentuk keriasama penyusunan dokumen kajian resiko bencana dimaksud menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD setempat Markus, diantaranya dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bencana banjir dan beberapa bencana lainnya. "Semua bencana yang teriadi di Kabupaten itu nanti akan dilakukan pendataan, termasuk resiko dari bencana tersebut," kata Markus, seraya menyebutkan, untuk kegiatan tersebut dananya dianggarkan melalui APBD Kabupaten Katingan. Sedangkan tempat-tempat yang didata adalah di 161 Desa/Kelurahan dari 13 wilayah Kecamatan se Kabupaten Katingan.

Untuk tim pengkaji terdiri dari 7 orang akademisi UPR. Diantaranya Dr.Ir. Wilson Daud, M.Si. selaku leader, Dr. Yusuf Aguswan, M.Sc ahli pemetaan, Dr. Subrata Aditama KA Uda, S.T., M.T ahli Infrastruktur, Dr. Ir. Evi Veronica, M.S Ahli Lingkungan, Dr. Heriamaryati, S.H., M.Hum ahli hukum, Drs. Dedi Takari M.Ec ahli Ekonomi dan Nomeritae, S.T., M.Eng., Ph.D ahli hidrologi.

Setelah penandatanganan ini nantinya, BPBD Kabupaten Katingan bersama tim akan bertolak ke BNPB Jakarta, nuna melaporkan pihaknya dan tim kajian resiko bencana dari UPR sudah melaksanakan penandatanganan kerjasama dimaksud.

Adapun tujuan dari penandatanganan resiko bencana dimaksud menurutnya, supaya mendapatkan kajian resiko bencana di Kabupaten Katingan yang dilakukan oleh UPR yang hasilnya nanti membenarkan terjadinya musibah banjir dan karhutla di Bumi Penyang Hinje Simpei ini, disertai dengan sejumlah fakta serta bukti yang konkrit.

Total Kunjungan:

435404

Total Kunjungan

277

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145134

Total Pengunjung Perbulan

18930

Total Pengunjung Perhari

2

Total Pengunjung Sedang Online