Pertemuan Koordinasi LPPM UPR bersama BAPPEDALITBANG Kabupaten Gunung Mas Oleh: Dr. dr. Nawan, M.Ked.Trop

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR) pada hari Senin, 27 Februari 2023, menerima kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Kabupaten Gunung Mas yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Bertempat di ruang kerja ketua LPPM UPR, tim TPPS Kabupaten GUMAS, diterima langsung oleh ketua LPPM, Dr. Ir. Evi Veronica, sekretaris LPPM, Dr. Ir. Herry, MP, kepala pusat studi kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa, Dr. Miar, SE., M.Si, dan kepala pusat kajian tanaman obat dan pangan tradisional, Dr. dr. Nawan, M.Ked.Trop.

Kunjungan dari BAPPEDALITBANG Kabupaten Gunung Mas diwakili oleh Ka.Sub.Bid. Pembangunan Manusia, Anggia Murni, SE, dan Ka.Sub.Bid. Pemerintahan, Yunie Andriani Setiaputri, S.Sos, pada kesempatan itu, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke LPPM UPR, disamping untuk silaturahmi, juga untuk melanjutkan kerjasama untuk percepatan penurunan stunting salah satunya melalui kegiatan KKN dan program lain yang dapat dilakukan kolabarasi antar Lembaga. Anggia menyampaikan keberhasilan TPPS Kab. GUMAS, dalam melaksanakan intervensi stunting, dengan release terbaru dari hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, menyatakan bahwa Kab. GUMAS untuk angka prevalensi balita stunted menjadi yang terendah (terbaik) di Provinsi Kalimantan tengah, dengan angka 17,9%. Hal ini tentu saja menjadi prestasi tersendiri untuk Pemerintah Kab.Gunung Mas, yang memang bekerja keras dengan koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang adekuat dan didukung pihak – pihak terkait.

Kepala Pusat KKN UPR, menyampaikan kerjasama antara UPR dan Pemkab. Gunung Mas, terkait dengan stunting, telah dimulai semenjak tahun 2019, dan telah menerjunkan mahasiswa ke lokus-lokus stunting yang telah ditetapkan oleh Pemkab Gunung Mas. Beberapa kelompok juga telah diberikan bantuan stimulus, berupa dana untuk bantuan program kerja mahasiswa di lapangan. Sekitar 30 paket bantuan program telah di terima mahasiswa, selama beberapa periode KKN. Miar berharap agar bantuan stimulus program ini tetap dapat dilanjutkan, untuk menunjang kegiatan mahasiswa di lapangan ketika kegiatan KKN akan dimulai kembali.


Nawan, sebagai Koordinator tim pelaksanaan pendampingan perguruan tinggi dalam percepatan penurunan stunting Kab. Gunung Mas, menyampaikan apresiasi kepada TPPS Kab. Gunung Mas, atas keberhasilan dalam semua ranah intervensi yang dilaksanakan TPPS. Semoga kedepan tetap bisa dipertahankan, bahkan dapat mencapai kesesuai target. Kerjasama antara UPR dan Kab. Gunung Mas, dalam rangka percepatan penurunan stunting merupakan kerjasama yang sangat baik, dan merupakan kerjasama nyata pertama di Prov. Kalimantan Tengah antara lembaga perguruan tinggi dengan pemerintah kabupaten terkait stunting, hal ini menggambarkan kepedulian pihak perguruan tinggi dan akademisi terkait program prioritas Presiden Republik Indonesia mengenai stunting.

Ketua LPPM UPR, dalam kesempatan yang sama, juga turut bangga akan pencapaian TPPS Kab. Gunung Mas, dan akan terus mendukung kerjasama yang ada antara Universitas Palangka Raya dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas terkait stunting ini. “Kerjasama dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas kami dan kami selalu terbuka dengan semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut”, papar ketua LPPM. Senada dengan yang disampaikan, sekretaris LPPM UPR, menyatakan akan terus bersinergi dengan pihak Kab. Gunung Mas dalam mendukung program stunting ini, dan jika ada yang perlu ditingkatkan selama pelaksanaan KKN agar dapat disampaikan dan akan menjadi evaluasi bagi pihak LPPM.

Sebagai penutup, Anggia menyampaikan terima kasih atas penerimaan tim LPPM yang sangat baik dan pembicaraan yang konstruktif untuk percepatan penurunan stunting di Kab. Gunung Mas, dan akan menyampaikan hasil pertemuan ini kepada pimpinan BAPPEDALITBANG Kabupaten Gunung Mas.

Total Kunjungan:

435332

Total Kunjungan

205

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145110

Total Pengunjung Perbulan

18927

Total Pengunjung Perhari

0

Total Pengunjung Sedang Online