Pusat Studi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi universitas di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melalui kegiatan yang menghasilkan rumusan, serta penerapannya sekaligus mampu mengkoordinasikan program-program IPTEKS di masyarakat.Secara struktural, LPPM berada di bawah Rektor dan membawahi 21 (dua puluh satu)Studi Penelitian dan Pengabdian.Pusat-Pusat StudiPenelitian dan Pengabdian tersebut terdiri dari tenaga ahli dalam jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok bidang ilmu, yang dipimpin oleh seorang tenaga akademik senior yang mampu menjabarkan Visi dan Misi LPPM kepada masyarakat.

Pusat-pusat studi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di LPPM UPR tersebut adalah:

1.Pusat Studi Penelitian Kependudukan

           Pusat Studi Penelitian Kependudukan akan menjadi rujukan dan sumber referensi kebijakan pembangunan kependudukan di Kalimantan Tengah. Dengan menyelenggarakan penelitian dan mendiseminasikan hasil penelitian kependudukan dalam bentuk edukasi dan pengabdian.

            Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh PusatPenelitian Kependudukan di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki program kegiatan sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan penelitian dan analisis yang terkait dengan permasalahan kependudukan dan kebijakan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengabdian masyarakat (advokasi) di bidang kependudukan dan kebijakan yang berbasis pada hasil riset.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat akademik dalam melakukan penelitian dengan mendorong penelitian multidisiplin di bidang kependudukan.
  • Menjadi mitra strategis pemerintah dan non pemerintah di bidang kependudukan dan kebijakan.
  • Membangun jaringan dengan lembaga-lembaga penyandang dana baik pemerintah maupun non pemerintah.
  • Menyebarluaskan hasil penelitian kependudukan melalui publikasi, seminar dan lokakarya.

2.Pusat Penelitian Perubahan Iklim dan Pembangunan Rendah Karbon

Pusat Penelitian Perubahan Iklim dan Pembangunan Rendah Karbon mendasarkan pemikiran pada dampak dari climate change sangat luas dan bersifat catastrophic. Climate change berdampak pada meningkatnya laju penggurunan, meningkatkan permukaan air laut , meningkatkan frekuensi terjadinya badai, banjir, kekeringan dan mengancam biodiversity di muka bumi. Besarnya dampak dari climate change menuntut berbagai pihak untuk mengambil tindakan nyata dan segera untuk melakukan berbagai upaya mitigasi dan adaptasi climate change.Maka kegiatan yang dilakukan berdasarkan pada :

Visi

Pusat Study Climate Change dan Pembangunan Berkelanjutan menjadi pusat kajian ilmiah dan pengembangan strategy mitigasi dan adaptasi climate change terbaik berskala nasional yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan kajian-kajian ilmiah tentang dampak perubahan iklim, upaya penanggulangan bencana, pengelolaan suber daya air dan gambut yang mendukung pembangunan berkelanjutan dengan pendekatan interdisplinary
  2. Mengadakan pelatihan tentang assessment upaya mitigasi dan adaptasi climate change bagi masyarakat umum dan juga pengelolaan sumber daya alam khususnya air bagi masyarakat Kalimantan Tengah
  3. Sebagai pusat informasi data tentang penelitian, kegiatan maupun temuan berkenaan dengan perubahan iklim, mitigasi bencana pengembangan sumber daya air, maupun pembangunan berkelanjutan.
  4. Menyediakan layanan jasa konsultasi yang berkenaan dengan antisipasi perubahan iklim, upaya penanggulangan bencana dan pembangunan berkelanjutan. pengeloalan sumber daya air, 

Fungsi

  1. Mengkaji dampak perubahan iklim, adaptasi dan mitigasi climate change dan pengelolaan sumber daya alam khususnya air.
  2. Mempublikasikan berbagai temuan dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim, mitigasi bencana dan pembangunan berkelanjutan.
  3. Pusat pelatihan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya air, perubahan iklim, mitigasi bencana dan pembangunan berkelanjuntan serta kegiatan-kegiatan lain yang relevan.
  4. Membangun kemitraan dengan pemerintahan, universitas, lembaga penelitian NGOs maupun private compani8es.

Tugas Pokok

Tugas pokok pusat sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Universitas Palangka Raya Pasal 80 ayat 1 adalah  melaksanakan kegiatan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan bidangnya.

Sasaran

  1. Civitas Akademika Universitas Palangka Raya sebagai target proses pembelajaran sekaligus sebagai pelaksana penelitian, pelatihan dan pengembangan.
  2. Pemerintah Daerah
  3. Mitra Swasta.
  4. Mitra internasional.

Program Kerja Tingkat Universitas

  • Terlibat aktif dalam program pengembangan pendidikan di UPR melalui:
  1. Penyediaan pustaka dan informasi,
  2. Pelatihan bagi masyarakat tentang adaptasi dan mitigasi climate change dan pengelolaan sumber daya alam
  3. Pelatihan tentang pembangunan ekonomi dalam konsep pembangunan berkelanjutan.
  4. Pelatihan pemetaan.
  5. Pelatihan Penulisan Ilmiah untuk Jurnal dengan cakupan Sumber Daya Air, perubahan iklim, mitigasi bencana dan pembangunan berkelanjutan.
  • Penerbitan tulisan dari Kalangan Akademisi UPR untuk jurnal internal UPR, jurnal nasional, dan jurnal internasional.

Program Kerja Tingkat Pemerintah Daerah

  • Studi dampak climate change bagi masyarakat
  • Pengembangan strategy adaptasi pengelolaan sumber daya alam terhadap climate change
  • Pengembangan strategy pemulihan kondisi hidrologi lahan gambut sebagai upaya mitigasi climate change

Program Kerja Tingkat Nasional

  • Kerjasama dengan universitas nasional lainnya melalui penelitian bersama mengenai sumber daya air, hidrologi, kebencanaan dan pembangunan berkelanjutan.
  • Membangun pusat layanan jasa konsultasi, kepakaran dan kelembangaan.

Program Kerja pada Tingkat Internasional

  • Kerjasama dengan lembaga penelitian dan universitas luar negeri.
  • Kerjasama kajian dan pengembangan serta promosi tentang pengendalian kebakaran lahan dan program revitalisasi lahan gambut.

3.Pusat StudiPenelitian Gender dan Perlindungan Anak

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Penelitian Genderdi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu dengan program kegiatan sebagai berikut:

  • Tujuan : Menerapkan Gender Equality and Social Inclusion dan Perlindungan Anak melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Palangkaraya dan masyarakat Kalimantan Tengah
  • Sasaran :
  1. Melakukan penelitian tentang isu-isu krusial tentang gender khususnya yang ada  di Kalimantan Tengah seperti gender dan lingkungan hidup, pernikahan anak usia dini, gender dan kearifan lokal dan sebagainya.
  2. Mengintegrasikan nilai gender dalam kurikulum pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
  3. Mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal nasional dan internasional terakreditasi
  4. Mempresentasikan hasil penelitian dan mempublikasikannya melalui seminar nasional dan internasional
  5. Sosialiasasi nilai kesetaraan gender yang berkeadilan kepada lingkungan kampus maupun masyarakat di Kalimantan Tengah

4.Pusat Kajian Tanaman Obat dan Pangan Tradisional

Pusat Studi Penelitian Makanan dan Obat-Obatan Tradisional memiliki potensi besar untuk memperkenalkan secara luas makanan tradisional yang belum digali secara maksimal, terutama Makanan yang spesifik atau khas yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. 

Adapun tujuan dari inventarisasi dan klasifikasi makanan tradisional ini untuk membuat database secara detail melalui tahapan identifikasi dilanjutkan dengan klasifikasi jenis-jenis makanan tersebut termasuk me.Sedangkan  manfaat yang di capai adalah :

  • UMKM yang bergerak di bidang usaha makanan tradional khas Kalimantan Tengah.
  • Masyarakat yang berminat dan atau memiliki pengetahuan tentang makanan tradional.
  • Membantu pemerintah untuk memperkenalkan dan membuat database makanan tradisional khas Kalimantan Tengah.

5.Pusat Penelitian Sumber Daya Lahan dan Daerah Aliran Sungai

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Penelitian Sumber Daya Lahan dan Pengairan di Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu dengan program kegiatan sebagai berikut:

  • Ruang Lingkup, yaitu :
  1. Aspek Teknologi 
  2. Aspek Ekonomi
  3. Aspek Sosial 
  4. Aspek Hukum 
  5. Aspek Lingkungan
  • Bidang Kegiatan Pokok, yaitu :
  1. Bidang Pengelolaan/Infrastruktur Lahan, 
  2. Bidang Konservasi Tanah dan Air,
  3. Bidang Pemetaan dan Keruangan (spatial),
  4. Bidang Perairan,
  5. Bidang Administrasi dan Informasi,

6.Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

Pusat Pengembangan dan Penelitian Pendidikan di Lembaga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, mempunyai tujuan yaitu :

  • Tujuan :  Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di Kalimantan Tengah melalui pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi terutama dalam bentuk layanan masyarakat dan penelitian. Selain itu Pusat ini dapat dijadikan badan layanan yang menghasilkan profit bagi Universitas Palangka Raya yang sedang berproses menuju status kelembagaan sebagai Badan Layanan Umum (BLU).
  • Program – Program kegiatan atau program yang akan dilakukan meliputi:
  1. Sosialisasi dan menjajaki kerjasama untuk Program Lesson Study dan Action Research ke PEMDA Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah.
  2. Sosialisasi dan menjajaki kerjasama untuk Program Lesson Study dan Action Research dengan Universitas lainnya di Kalimantan Tengah.
  3. Sosialisasi dan menjajaki kerjasama untuk Program Lesson Study dan Action Research dengan perusahaan yang memiliki sekolah binaan di Kalimantan Tengah.
  4. Kerjasama dengan pihak PEMDA Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah untuk kegiatan Lesson Study.
  5. Pelayanan Bimbingan Action Research bagi Guru-guru di Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah.
  6. Seminar Hasil Lesson Study di tingkat Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah.
  7. Membuat Journal Online untuk mewadahi hasil-hasil penelitian Lesson Study dan Action Research.
  8. Membukukan hasil penelitian dan tulisan karya ilmiah guru-guru dalam buku ber ISBN.
  9. Workshop perbidang studi tentang keterampilan mengajar dan bidang studi.
  10. Lesson Study Learning Community Gathering di Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah.
  11. Pendirian Perpustakaan khusus untuk Ilmu Pendidikan dan Keguruan bekerjasama dengan pihak swasta (lokal, nasional, maupun internasional) dan PEMDA Kabupaten, Kota, dan Provinsi Kalimantan Tengah.

7.Pusat PenelitianPengembangan Pariwisata, Budaya dan Bahasa

Pusat studi yang bernaung dibawah LPPM Universitas Palangka Raya ini diberi nama Pusat Penelitian Pengembangan Pariwisata,Budaya  Bahasadi singkat P32B. Kegiatan layanan yang dilakukan oleh Pusat Studi Pengembangan Pariwisata dan Budaya Pusat Penelitian Pengembangan Pariwisata, Budaya  Bahasa di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki program kegiatan sebagai berikut :

  • Menjadipusat studi yang mengembangkan pariwisata dan budaya.
  • Terselenggaranya penelitian dan pengembangan bermutu yang berfokus pada pengembangan pariwisata dan budaya yang berkualitas sehingga dapat diterima dan dihargai oleh seluruh masyarakat.
  • Terselenggaranya pelatihan dan pemberdayaan sumberdaya manusia untuk meningkatkan kapabilitas, dan professional dalam mengelola serta mengembangka pariwisata dan budaya.

Sedangkan ruang lingkup kegiatan pada Pusat Studi Pengembangan Pariwisata dan Budaya, sebagai berikut :

  • Penelitian dan Pengembangan.

Divisi penelitian dan pengembangan bertugas memikirkan, mengkaji dan mengkoordinir berbagai penelitian yang berkaitan dengan studi pengembangan pariwisata dan budaya.  Bekerjasama dengan pihak lain untuk melakukan penelitian (bersifat kolaborasi).

  • Pendidikan dan Pelatihan

Melaksanakan pelatihan-pelatihan.Workshop, seminar atau kegiatan lainnya yang sejenis dalam rangka peningkatan profesionalisme para tenaga pendidik ataupun pengelola terhadap pengembangan pariwisata dan budaya.

  • Kemitraan

Melaksanakan program kemitraan dengan lembaga formal dan non formal yang memiliki atensi terhadap persoalan pariwisata dan budaya.

8.Pusat Penelitian Kesehatan, Olahraga Dan Obat Herbal

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat studi kesehatan dan olahraga di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki program kegiatan sebagai berikut :

> Penelitian dan Pengembangan.

  1. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang tanaman obat tradisional, permasalahan kesehatan dan olahraga di Kalimantan Tengah baik menggunakan dana mandiri, dana dari Universitas maupun dari pihak ketiga.
  2. Menyebar luaskan hasil penelitian di bidang pengembangan tanaman obat tradisional, permasalahan kesehatan dan olahraga di Kalimantan Tengah melalui publikasi, seminar dan lokakarya.

> Pendidikan dan Pelatihan.

  1. Melakukan pendidikan dan pelatihan untuk para peracik obat tradisional.
  2. Melakukan pelatihan untuk mahasiswa dan dosen yang ingin melakukan penelitian di bidang tanaman obat tradisional, kesehatan dan olahraga.
  3. Memberikan pendidikan tentang kesehatan dan olahraga kepada masyarakat kampus dan masyarakat diluar kampus.

> Kemitraan

  1. Menjadi mitra strategis lembaga pemerintahan dan lembaga non pemerintahan di pengembangan tanaman obat tradisional , permasalahan kesehatan dan olahraga di Kalimantan Tengah.
  2. Membangun jejaring dengan lembaga-lembaga penyandang dana lembaga pemerintahan maupun non pemerintah untuk pengembangan tanaman obat tradisional, , permasalahan kesehatan dan olahraga di Kalimantan Tengah.

9.Pusat Penelitian Boiteknologi Dan Sumber Daya Genetik

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi danSumber Daya Genetik di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki visi dan misi yang tertuang melalui Visi:Menjadi Pusat Penelitian Unggulan untuk Pengembangan Bioteknologi dan Pemanfaatan Sumberdaya Hayati.

Dengan Misi :

  1. Mendukung pendidikan di Universitas Palangkaraya (UPR) melalui kegiatan penelitian
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang bioteknologi dan pemanfaatan sumberdaya hayati untuk mendukung Universitas Palangkaraya sebagai perguruan tinggi yang berbasis riset

Adapun program kegiatan Pusat Penelitian Bioteknologi danSumber Daya Genetik di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM),melingkupi :

  • Penelitian, seminar, workshop dan diseminasi dibidang bioteknologi dan sumberdaya hayati
  • Identifikasi dan pengelolaan keanekaragaman hayati plasma nutfah khususnya plasma nutfah lokal untuk mendukung pelestarian dan pemanfaatannya secara berkelanjutan
  • Bioteknologi pertanian, khususnya analisis keragaman genetik dan perbaikan genetik (tanaman, hewan, dan mikroba) melalui rekayasa genetik dan kultur jaringan tanaman
  • Rekayasa bioproses untuk menghasilkan bahan-bahan seperti biopestisida dan biofertilizer
  • Produksi dan pemanfaatan pupuk hayati serta evaluasi keberhasilan revegetasi lahan pasca tambang

Sedangkan untuk tujuan Pusat Penelitian Bioteknologi danSumber Daya Genetik di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), adalah :

  • Mendukung pendidikan program sarjana dan pascasarjana melalui kegiatan penelitian
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang bioteknologi dan pemanfaatan sumber daya hayati melalui pelatihan
  • Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang bioteknologi dan pemanfaatan sumber daya hayati
  • Peningkatan pelayanan ilmiah melalui diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang bioteknologi dan pemanfaatan sumber daya hayati

10.Pusat Penelitian Perikanan dan Ekosistem Air Hitam

Misi


  1. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan teknologi perikanan dan ekosistem air hitam secara berkelanjutan.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dari hasil karya-karya penelitian, terutama terhadap pengembangan IPTEKS perikanan dan ekosistem air hitam.
  3. Menyiapkan tenaga peneliti dan tenaga pengabdian kepada masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan IPTEKS perikanan dan ekosistem air hitam.
  4. Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan komunitas peneliti dan pengabdi pada bidang perikanan dan ekosistem air hitam.
  5. Mengembangkan kemitraan dalam sistem informasi teknologi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya hasil karya dalam bidang teknologi perikanan dan ekosistem air hitam.
  6. Menyelenggarakan pertemuan ilmiah baik tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional dalam bidang perikanan dan ekosistem air hitam.
  7. Menyelenggarakan pengelolaan pusat penelitian perikanan dan ekosistem air hitam  berdasarkan paradigma baru manajemen penelitian dan pengebadian kepada masyarakat yang berazas otonomi, evaluasi, akuntabilitas dan akreditasi yang bermuara pada peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Tujuan


  1. Mewujudkan pusat penelitian perikanan dan ekosistem air hitam sebagai institusi ilmiah yang profesional dengan daya saing yang tinggi sehingga dapat diakui keberadaannya baik secara nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan tenaga peneliti dan pengabdi yang mempunyai kemampuan untuk menerapkan dan mengembangan IPTEKS perikanan dan ekosistem air hitam.
  3. Menghasilkan karya-karya bermutu di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama terhadap pengembangan IPTEKS perikanan dan ekosistem air hitam.
  4. Terbentuknya komunitas peneliti dan pengabdi dalam bidang perikanan dan ekosistem air hitam untuk mendukung peningkatan produktivitas dan bernilai ekonomis penting.
  5. Mewujudkan pengelolaan pusat penelitian perikanan dan sumberdaya air hitam  berdasarkan paradigma baru manajemen penelitian dan pengebadian kepada masyarakat yang berazas otonomi, evaluasi, akuntabilitas dan akreditasi yang bermuara pada peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Sasaran


Sasaran yang ditargetkan oleh Pusat Penelitian Perikanan dan Ekosistem Air Hitam, adalah :

  1. Civitas akademika Universitas Palangka Raya, yang terdiri dari : Dosen (tenaga edukatif), Karyawan, Mahasiswa, dan Alumni.
  2. Pihak Pemerintah Daerah (kabupaten dan provinsi), dan Pemerintah Pusat.
  3. Mitra Kerja Swasta Nasional
  4. Mitra Internasional

Personalia


Kepala                   :   Ir. MATLING, M.Si

Sekretaris              :   Dr. Engg. Rosana Elvince, M.Sc

Bendahara             :   Ummy Soraya, S.Pi. M.Si


Program Kerja


1.Program kerja tingkat universitas, terdiri dari :

a.Terlibat aktif dalam pengembangan pendidikan di UPR, melalui :

  • Penyediaan informasi dan data
  • Pelatihan tentang pengembangan perikanan dan ekosistem air hitam untuk tenaga edukatif/peneliti dan pengabdian kepada masyarakat
  • Pelatihan tentang pengembangan perikanan dan ekosistem air hitam untuk masyarakat
  • Pelatihan tentang pengembangan perikanan dan ekosistem air hitam untuk mahasiswa

b.Penerbitan tulisan karya ilmiah untuk kalangan akademisi UPR yang mengarah pada jurnal lokal UPR, jurnal nasional, dan

    jurnal internasional.

c.Penyediaan sarana dan prasarana penelitian dan pengabdian masyarakat pada lokasi yang tersentralisasi dan terarah pada

   penelitian perikanan dan ekosistem air hitam.

d.Pembinaan dan pembimbingan mahasiswa secara berkelanjutan.

2.Program kerja tingkat Pemerintah Daerah dan Pusat, terdiri dari :

  • Kerjasama penelitian perikanan dan ekosistem air hitam dengan Pemerintah daerah Kabupaten/Provinsi, serta Pemerintah Pusat/Kementerian/Badan.
  • Kerjasama dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk pengembangan penelitian dan kaji tindak tentang perikanan berkelanjutan dan ekosistem air hitam.
  • Kerjasama pengelolaan kawasan konsevasi dan restorasi sumberdaya perikanan dan sumberdaya air hitam.

3.Program kerja tingkat Nasional (Swasta dan Pemerintah), terdiri dari :

  • Kerjasama dalam pengembangan perikanan dan ekosistem air hitam (swasta dan antar perguruan tinggi).
  • Kerjasama dalam penyediaan sarana dan prasarana penelitian perikanan dan ekosistem air hitam (swasta dan antar perguruan tinggi).

4.Program kerja tingkat Internasional, terdiri dari :

  • Kerjasama penelitian perikanan dan ekosistem air hitam dengan lembaga riset dan perguruan tinggi luar negeri.
  • Kerjasama konservasi dan restorasi perikanan dan ekosistem air hitam dengan lembaga donor, lembaga riset dan perguruan tinggi luar negeri.

11.Pusat Kajian Migas dan Kolaborasi Industri

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Teknologi dan Kolaborasi Industri (PKPTKI) di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki program kegiatan sebagai berikut :

– Tujuan : mengembangkan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi serta meningkatkan kerjasama dengan pihak luar (industri,

   lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri ).

– Sasaran :

  1. Melaksanakan riset / studi di bidang sains dan teknologi.
  2. Penyelenggaraan forum ilmiah ( pelatihan, seminar, lokakarya dan kegiatan ilmiah lainnya ).
  3. Pelayanan masyarakat berupa jasa konsultasi di bidang sains dan teknologi.
  4. Pelayanan Jasa Riset pesanan bagi industri, berupa :
  • Total Productive Maintenance (TPM); breakdown, preventive dan predictive maintenance.
  • Factory Solving Problem.
  • Industrial Manajemen .
  • Tata Letak Pabrik.

5. Pelaksanaan kegiatan lain yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan bidang sains dan teknologi, diantaranya :

  • Manajemen energi listrik ( pemeliharaan dan keandalan sistem distribusi listrik, operasi teknik listrik dan pembangkit sistem tenaga listrik).
  • Manajemen energi termal.
  • Desain dan rekayasa engineering pemanfaatan tenaga angin, surya, air dan gelombang.
  • Pengembangan energi berbasis biogas dan biofuel.
  • Rancang bangun pabrik yang ramah lingkungan.

12.Pusat Publikasi Jurnal Ilmiah Dan HKI

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Pengembang Jurnal Ilmiah dan HKI di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki program kegiatan sebagai berikut :

  • Tujuan :
    1. Mengembangkan penelitian-penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah dosen/peneliti Universitas Palangka Raya yang dipublikasikan pada berbagai buku/proceedings/jurnal bertaraf nasional dan internasional bereputasi;
    2. Meningkatkan perolehan dan dan pengakuan HKI (Hak Kekayaan Intelektual);
    3. Meningkatkan kualitas dan akreditasi jurnal terbitan fakultas/parodi/unit di Universitas Palangka Raya.
  • Sasaran/Indikator :
    1. Meningkatnya jumlah dan kualitas karya dan publikasi ilmiah, termasuk diantaranya buku ajar, karya seni dan desain;
    2. Meningkatnya publikasi ilmiah para dosen/peneliti di lingkup Universitas Palangka Raya pada berbagai buku/proceedings/jurnal bertaraf nasional dan internasional bereputasi;
    3. Meningkatnya Perolehan dan pengakuan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dosen/peneliti Universitas Palangka Raya dari lembaga resmi dalam negeri maupun luar negeri;
    4. Meningkatnya kualitas dan akreditasi jurnal terbitan fakultas/parodi/unit di Universitas Palangka Raya.
  • Program :
    1. Sosialisasi pemanfaatan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2016 tentang Paten kepada Dosen/Peneliti di Universitas Palangka Raya.
    2. Workshop/pelatihan penyusunan dan pengusulan sertifikasi HKI.
    3. Workshop/pelatihan penulisan publikasi jurnal ilmiah internasional ber-reputasi.
    4. Workshop pengelola jurnal ilmiah di Universitas Palangka Raya.
    5. Workshop & coaching clinic pengelolaan jurnal online Universitas Palangka Raya (Pelatihan Administrator E-Journal).
    6. Workshop & coaching clinic untuk akreditasi jurnal ilmiah Universitas Palangka Raya.

13.Pusat Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Rehabilitasi Hutan

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Pengendalian Kebakaran Lahan dan Rehabilitasi Hutan diLembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu dengan program kegiatan sebagai berikut:

  • Pelatihan dan Konsultasi Brigade Strategi dan Teknik Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Lahan dan Hutan;
  • Konsultasi Strategi dan Teknik Pemadaman Kebakaran Lingkungan Perumahan, Pemukinan Penduduk;
  • Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat di dalam dan di Sekitar Hutan Bekas Kebakaran; dan Action Research Bidang Kebakaran Lahan dan Hutan

14.Pusat Pengelola Journal LPPM

15.Pusat Kajian dan Konsultasi Hukum LPPM

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memiliki program kegiatan sebagaimana yang terangkum dalam visi dan misi sebagai berikut :

  • Visi :

Menjadikan pusat kajian hukum yang dapat mengayomi dengan penyelenggaraan konsultasi hukum bagi masyarakat dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat

  • Misi :
  1. Melakukan pengkajian, penelitian, penyuluhan hukum dan pengembangan praktik hukum di masyarakat.
  2. Memberikan layanan konsultasi hukum, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu dan terpinggirkan agar mampu memperjuangkan keadilan.
  3. Aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan hukum sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat.
  4. Membangun jaringan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Lembaga pemerintah atau non pemerintah.
  5. Meningkatkan fasilitas prasarana dan sarana pusat kajian dan konsultasi hukum guna optimalisasi dukungan kerja advokasi dan kelembagaan.

Bahwa dalam rangka menjalankan visi dan misi tersebut, Pusat Kajian dan Konsultasi Hukum di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya memiliki program kerja sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan sumber daya manusia yang professional dan kompeten di bidang advokasi  sebagai penguatan kelembagaan dan jaringan kerja yang didukung dengan prasarana dan sarana yang representatif.
  2. Melakukan kajian pembaharuan hukum berupa focus group discussion, seminar, workshop dan lain-lain.
  3. Mendorong dan mengasistensi lahirnya kebijakan daerah pro rakyat/sosial dan lingkungan
  4. Melaksanakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan hukum, pelatihan hukum kritis dan pelatihan paralegal di berbagai komunitas masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum.

16.Pusat Kajian Anti Korupsi LPPM UPR

17.Pusat Studi Perumahan dan Kawasan Pemukiman

Kegiatan layanan yang dapat dilakukan oleh Pusat Studi Perumahan dan Kawasan Pemukiman di Lembaga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu sebagai berikut:

  • Tujuan :MengembangkanRiset/Studi Perumahandan Kawasan Permukimanberskala Lokal, Nasional danInternasion
  • Sasaran:
  1. Melaksanakan Riset/studi Perumahan dan Kawasan Permukiman.
  2. Menyediakan JurnalPermukimanberbahasa Inggris terbit/6bulan
  3. MendokumentasikanhasilrisetkedalamBuku risetseries
  4. Mempublikasikan hasilpenelitiankedalamjurnal Ilmiah/konferensi/ seminar
  5. MempersiapkanpembukaanKelasMasterInfrastruktur dan Kawasan Permukiman.
  6. Menyediakan literatur berkaitan dengan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman, yang meliputi : Pengembangan Perumahan yang sadar Energi; Pengembangan perumahan yang berkelanjutan; Pengembangan Perumahan yang terjangkau untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah); Pengembangan perumahan yang tahan terhadap perubahan Iklim (resilience Housing); Pengembangan Lahan untuk perumahan; Rumah Pintar (Intelligent housing); Pengembangan Ruang Kota yang terjangkau dengan jalan kaki; Lansekap untuk perumahan; Perencanaan Site; Perumahan Tradisional; Pengembangan studi tentang konsumsi di Perumahan (energy, food and waste); Pengembangan Perumahan dan Komunitas; Pengembangan Infrstruktur Perumahan; Permukiman di perdesaan; Perumahan dan Pariwisata; Pengembangan Real Estate (investasi); Pengembangan Metoda Riset permukiman; Pengembangan Perencanaan Permukiman; Perumahan Sosial; Resettlements; Perumahan di tepian air; Perumahan di Kawasan Perkotaan; Perumahan di Kawasan Gambut; Master Planning; Pengembangan Program Magister ; Pengembangan Building Code and Safety.

18.Pusat Studi Kebijakan Publik

Kegiatan pusat studi yang dilakukan oleh Pusat Tatakelola Pemerintahan dan Pemilu (PSTKP2) diLembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu sebagai berikut:

  • Penelitian dan Pengembangan, meliputi :

Divisi Penelitian dan Pengembangan bertugas memikirkan, mengkaji, dan mengkoordinir berbagai penelitian yang berkaitan dengan studi pemerintahan, kebijakan pemerintah dan pemilu. Merintis kerjasama dengan pihak lain untuk melakukan penelitian (bersifat kolaborasi).

  • Pendidikan dan Pelatihan, meliputi :

Melaksanakan pelatihan – pelatihan, workshop, seminar, atau kegiatan lainnya yang sejenis dalam rangka peningkatan profesionalisme para stakeholder terhadap aspek pemerintahan, kebijakan, pemilu.

  • Kemitraan, meliputi :

Menginisiasikan dan melaksanakan program kemitraan dengan lembaga formal dan non formal yang memiliki atensi terhadap persoalan pemerintahan, kebijakan, dan pemilu.

19.Pusat Studi Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit

  • Visi Pusat Penelitian dan Pengembangan dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Universitas Palangka Raya, adalah “Menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Andalan Penghasil Teknologi dan Inovasi untuk Mewujudkan Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit yang Berkelanjutan demi Kesejahteraan Masyarakat, Bangsa dan Negara”.
  • Misi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Universitas Palangka Raya adalah:
    1. Menghasilkan riset dalam pengembangan teknologi perkebunan kelapa sawit yang modern dengan produktvitas, mutu dan efisiensi yang tinggi.
    2. Hilirisasi dan massalisasi teknologi perkebunan kelapa sawit modern sebagai solusi menyeluruh permasalahan perkebunan yang berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    3. Memberikan rekomendasi kepada pemangku kepentingan berdasarkan hasil-hasil riset dan pengembangan teknologi perkebunan kelapa sawit.
  • Tugas Pokok Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Universitas Palangka Raya adalah mempersiapkan perumusan kebijakan dan program, serta pelaksanaan penelitian perkebunan kelapa sawit tentang sosial, ekonomi, budidaya tanaman dan lingkungan, serta pengolahan hasil dan industri.
  • Fungsi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Universitas Palangka Raya adalah:
  1. Menyusun kebijakan teknis, rencana dan program serta pemantauan dan evaluasi di bidang penelitian dan pengembangan perkebunan kelapa sawit.
  2. Melaksanakan kerjasama dan mendayagunakan hasil-hasil penelitian dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan perkebunan serta inovasi teknologi di bidang perkebunan kelapa sawit.
  4. Mengelola urusan Tata Usaha Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit.
  • Struktur Organisasi :Pusat Penelitian Perkebunan Kelapa Sawit adalah salah satu bagian Pusat Penelitian yang berkedudukan di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya. Pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi Pusat Penelitian Perkebunan Kelapa Sawit Universitas Palangka Raya dipimpin oleh seorang Kepala Pusat Penelitian dan dibantu Kepala Bagian Tata Usaha serta Carrier Development Center (CDC).  Pelaksanaan kegiatan kerjasama penelitian dengan lembaga pemerintah dan/atau Non-Government Organization (NGO/LSM), dipimpin oleh masing-masing seorang Kepala Divisi, terdiri dari:
  1. Divisi 1. Kebijakan, Sosial Ekonomi dan Budaya.
  2. Divisi 2. Budidaya Tanaman dan Lingkungan.
  3. Divisi 3. Pengolahan Hasil dan Industri.

Kegiatan penelitian pengembangan yang dilakukan pada setiap divisi ditunjang dengan sebuah laboratorium.Hasil-hasil penelitian tentang perkebunan kelapa sawit disebarluaskan kepada kalangan ilmiah dan masyarakat dalam bentuk publikasi ilmiah yang dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian Publikasi Ilmiah.

20.Pusat Studi Pertambangan dan Energi Baru Terbarukan

Pusat Studi Mineral Pertambangan dan Energi Baru Terbarukan di Lembaga  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, mempunyai visi dan misi yaitu :

  • Visi :  Menjadi Pusat Studi Yang Unggul Dalam Riset, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat bidang Pertambangan Mineral Batubara Dan Energy Baru Terbarukan Wilayah Tropis berbasis Information and Communications Technology (ICT) bertaraf Nasional dan International.
  • Misi :
  1. Menyelenggarakan Riset dan Penelitian baik formal dan non formal bidang pertambangan mineral batubara, batuan dan energi baru terbarukan di Wilayah Tropis.
  2. Mengembangkan dan mengkaji pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi tepat guna untuk penambangan mineral batubara batuan dan energy baru terbarukan
  3. Menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi bagi tenaga kerja bidang pertambangan mineral batubara dan energi baru terbarukan
  4. Sebagai pusat studi pertambangan dan energi baru terbarukan wilayah tropis Skala Nasional dan International
  5. Sebagai pusat informasi pertambangan dan energi baru terbarukan wilayah tropis Kalimantan Tengah yang berbasis ICT berskala Nasional dan International.
  • Fungsi :
  1. Mengkaji, merancang, dan mempublikasikan hasil penelitian dan riset pertambangan mineral, batubara,batuan dan energi terbarukan sebagai implementasi Visi, Misi UPR.
  2. Mengkaji, dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi tepat guna untuk penambangan mineral batubara batuan dan energi baru terbarukan.
  3. Menyelenggarakan dan melaksanakan pelatihan dan sertifikasi bidang pertambangan mineral batubara batuan dan energy baru terbarukan di Kalimantan Tengah.
  4. Melaksanakan studi mineral batubara batuan dan energi baru terbarukan wilayah tropis di Kalimantan Tengah skala nasional dan Internasional.
  5. Pusat informasi, riset, penelitian dan pengabdian masyarakat pertambangan mineral batubara batuan dan energi baru terbarukan yang berbasis ICT berskala nasional dan internasional.
  • Tugas Pokok :

Tugas pokok Pusat Studi Pertambangan dan Energi Baru Terbarukan adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 47 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Palangka Raya, Pasal 80 yaitu:

  1. Pusat sebagaimana dimaksud dalam pasal 74 huruf d mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian/pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya.
  2. Dalam menyelenggarakan kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Rektor dapat menunjuk dosen/tenaga fungsional lainnya sebagai koordinator.
  • Program Kegiatan
  1. Riset dan Penelitian :
  • Mengadakan Riset dan Penelitian komoditas mineral, batubara dan energy baru terbarukan
  • Mengadakan Seminar Hasil Riset dan Penelitian komoditas mineral, batubara, batuan dan energy baru terbarukan
  • Mengembangkan Inovasi baru secara teknis dan ekonomi komoditas mineral, batubara, batuan dan energi baru terbarukan
  • Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan stakeholder pertambangan mineral batubara dan energy baru terbarukan

2. Pengabdian Kepada Masyarakat :

  • Melakukan sosialisasi mengenai teknis dan inovasi teknologi pertambangan mineral batubara batuan dan energy baru terbarukan bagi masyarakat
  • Mengembangkan CSR, COMDEV dan Lingkungan bagi masyarakat sekitar wilayah tambang
  • Menjalin kerjasama dengan stakeholder pertambangan dalam kegiatan reklamasi dan pasca tambang
  • Membangun laboratorium lapangan utuk menunjang kegiatan dosen, mahasiswa dan stakeholder pertambangan mineral, batubara, batuan dan energi baru terbarukan

3. Pelatihan dan Sertifikasi :

  • Mengadakan Pendidikan, Pelatihan, Diklat, Workshop untuk pertambangan mineral batubara batuan dan energi baru terbarukan.
  • Menjalin kerjasama untuk sertifikasi dan kompetensi bidang pertambangan mineral batubara batuan dan energi baru terbarukan.

4. Publikasi dan Haki :

  • Mengadakan publikasi website pusat studi, jurnal dan prosiding untuk pertambangan dan energy baru terbarukan
  • Mengadakan dan Membantu Kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) bagi dosen, peneliti dan mahasiswa bidang pertambangan dan energy baru terbarukan.

21.Pusat Studi Penelitian Lingkungan Hidup

Pusat Studi Penelitian Lingkungan Hidup mempunyai wilayah kajian secara luas tentang kawasan dan lingkungan hidup, dengan berfokus pada melihat potensi keunggulan yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam bidang pendidikan, social-ekonomi, maupun IPTEKS.  Wilayah kajian ini juga meliputi pengelolaan dan pengembangan suatu kawasan regional berbasis pada sumberdaya alam lokal yang ada, serta pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan hasil karya berupa produk ramah lingkungan dari hasil kearifan lokal yang akan dikembangkan menjadi produk unggulan sesuai dengan potensi dari tiap kawasan. Dengan demikian tujuan dari pusat studi ini menjadi pusat riset berbasis pengembangan kawasan dan pengelolaan lingkungan hidup, baik komponen geo-fisik-kimia, biotik maupun social-budaya-ekonomi yang berkelanjutan  yang mempunyai kebermanfaatan bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Studi Penelitian Lingkungan Hidup diLembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yaitu sebagai berikut:

  • Perencanaan Partisipatif Pengembangan Potensi Wilayah;
  • Pengembangan Masyarakat Kawasan Hutan;
  • Pengembangan Masyarakat Kawasan Pesisir;
  • Pelatihan Terhadap Kondisi dan Potensi Sumber Daya Alam yang terdapat pada suatu kawasan atau daerah pada Kabupaten, Kota, dan Provinsi;
  • Studi Kelayakan Sistem Usaha Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam Unggulan;
  • Pengembangan IPTEK dalam Upaya Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Alam Unggulan; dan
  • Pengkajian Terhadap Arah Kebijakan dan Penyusunan Program Pembangunan Daerah Kabupaten,Kota,dan Prov