BIJI KETAPANG SUMBER PANGAN ALTERNATIF, BERPOTENSI TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DI PALANGKA RAYA


Selasa, 10 Oktober 2023 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan pelatihan pemanfaatan biji ketapang (Terminalia Cattapa .L) bagi kelompok ibu-ibu Kelurahan Pahandut Seberang, di Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi pemanfaatan sumber daya alam sekitar sebagai makanan bergizi, dan upaya mendukung ketahanan pangan di Kota Palangka Raya.Pemanfaatan biji Ketapang oleh masyarakat masih belum umum. Bahkan sebagian besar masih belum mengetahui kalau biji ketapang aman untuk dikonsumsi. Diduga karena masyarakat belum mengetahui bahwa biji ketapang dapat diolah dan dikonsumsi dan memiliki nilai gizi tinggi.

BIji Ketapang termasuk dalam kelompok kacang-kacang disebut juga dengan tropical almond.  Bahkan kandungan vitamin E ketapang 800% lebih tinggi dibandingkan kacang almond yang berasal dari Timur Tengah. Biji ketapang juga mempunyai sifat fitokimia yang baik, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Ketua Pelaksana Pelatihan Dr Lies Indrayanti S Hut MP menjelaskan, mengingat latar belakang tersebut maka pelatihan ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat keunggulan biji ketapang dan pengolahan biji ketapang, sehingga bisa diolah menjadi makanan yang bergizi.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, masyarakat dapat lebih menghargai potensi biji ketapang dan mulai memanfaatkannya sebagai sumber makanan yang bergizi. Selain itu, ini juga dapat menjadi peluang ekonomi baru bagi masyarakat lokal,” kata Dr Lies Indrayanti S Hut MP didampingi Grace Siska S Hut MP, yang keduanya merupakan Dosen Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya.

Selain manfaat ekonomi, pengolahan biji ketapang juga diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan lokal. Dengan cara ini, pihak LPPM-UPR melalui Ketuanya, Dr Ir Evi Veronika MS mengharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi alam sekitarnya secara lebih berkelanjutan dan mendukung upaya peningkatan wirausaha masyarakat.

Dalam kesempatan ini Ketua Pelaksana Pelatihan Dr Lies Indrayanti S Hut MP juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Palangka Raya dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yang telah memberikan kesempatan melaksanakan program ini sekaligus memberikan dukungan berupa pemberian Dana DIPA tahun 2023.

Total Kunjungan:

435514

Total Kunjungan

387

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145171

Total Pengunjung Perbulan

18935

Total Pengunjung Perhari

3

Total Pengunjung Sedang Online