MEMPERKENALKAN BMC JARUM BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UPR


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, merupakan sebuah Lembaga di Universitas Palangka Raya (UPR) yang telah banyak melaksanakan penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat, dan menciptakan karya dan inovasi unggulan yang mampu memajukan Kalimantan Tengah, khususnya Kampus UPR serta menghasilkan luaran yang dapat menguntungkan masyarakat Kalimantan Tengah. Salah satu Program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat Tahun 2023 yang pendanaannya bersumber pada DIPA PNBP UPR.

Dalam rangka melaksanakan Program pengabdian kepada masyarakat, Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR mengadakan kegiatan Workshop Kewirausahaan bagi mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR.

Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan Workshop dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 10 Oktober 2023, yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam hal ini diwakili Dr. Sunaryo Neneng, SE., MP, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR.

Sebagai narasumber, panitia mengundang Nara Sumber dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Palangka Raya dalam hal ini diwakili oleh Bapak Margalis, ST, MT,  dan Nara Sumber dari Dosen Kewirausahaan  Fakultas dan Bisnis UPR, yaitu  Ibu Dr. Trecy E. Anden, M.Pd. Selain narasumber yang ahli dibidangnya, kegiatan ini juga diikuti oleh 10 orang dosen pendamping yang berfungsi sebagai konselor 67 peserta mahasiswa.

Dalam rangkaian kegiatan workshop ini, Bapak Margalis, ST, MT., menyampaikan materi tentang “Dukungan Pemerintah dan Strategi Yang Efektif Untuk Menjangkau Pelanggan di Era Digital” yang dipandu oleh ibu Dr. Lelo Sintani, MM, sebagai moderator. Antusias peserta dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan membuat suasana workshop menjadi lebih bersemangat.

Selain materi tersebut, peserta juga diberikan wawasan tentang cara “Membangun Usaha Dengan Bisnis Model Canvas” melalui paparan materi 2 yang disampaikan oleh Dr. Trecy E. Anden, M.Pd dan dimoderatori oleh bapak Drs. Dimer M. Umbing, M.Sc.

Melalui materi tersebut, peserta juga dimotivasi untuk lebih mengembangkan usaha mereka dengan menampilkan informasi yang sederhana dan lebih menarik tentang bisnis mereka melalui BMC (Bisnis Model Canvas).

Rangkaian kegiatan workshop akan diakhiri dengan kegiatan Bazar Kewirausahaan yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Desember 2023 dengan mengusung tema “JARUM (Jajanan Rumah)”. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu memotivasi mahasiswa agar setelah lulus nanti mereka dapat menjadi pelaku usaha  (wirausaha)  dan dapat menciptakan lapangan kerja sejak dini.

Total Kunjungan:

435429

Total Kunjungan

302

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145143

Total Pengunjung Perbulan

18931

Total Pengunjung Perhari

2

Total Pengunjung Sedang Online