Pembekalan dan Pelepasan Peserta KKNT Mandiri Periode 1 Tahun 2021


Selasa, 09 Maret 2021. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya ( LPPM UPR) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mandiri tahun 2021. Acara Pembekalan dan Pelepasan Peserta Periode I tahun 2021 dilaksanakan secara online pada tanggal 8 – 9 Maret 2021. Adapun Tema pada KKNT Mandiri Periode I ini adalah “Peningkatan Peran Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Pedesaan” dan didukung oleh sembilan subtema yang menjadi program kerja kelompok KKN sebagai berikut:

  1. Mengatasi Permasalahan Stunting (khusus kabupaten Gunung Mas)
  2. Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  3. Pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan lahan pekarangan.
  4. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
  5. Pencegahan penyebaran Covid-19
  6. Pengembangan administrasi pemerintahan desa.
  7. Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
  8. Pengembangan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
  9. Pembuatan/pengembangan database dan website desa berbasis elektronik

Dr. Miar, SE., M.Si sebagai ketua panitia KKNT Mandiri Periode I menyampaikan bahwa pada periode I, KKNT Mandiri tahun 2021 diikuti oleh 676 mahasiswa yang akan didampingi oleh 47 dosen pembimbing lapangan. Sedangkan lokasi KKN berada di 47 desa yang tersebar di empat kabupaten yaitu Gunung Mas, Katingan, Kapuas dan Pulang Pisau. Pelaksanaan KKN sendiri adalah selama 1 bulan mulai 10 Maret 2021 – 9 April 2021.

Selain dihadiri oleh peserta KKNT Mandiri, acara pembekalan dan pelepasan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor di lingkungan UPR, Dekan dan Pembantu Dekan di lingkungan UPR, dan perwakilan dari Pejabat Pemerintah Daerah seperti Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Wakil Bupati dan Asisten II Kabupaten Katingan serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Murung Raya.

Pada acara pelepasan peserta KKNT Mandiri, Ketua LPPM Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si menyatakan bahwa KKNT Mandiri di tahun 2021 bertujuan untuk melatih mahasiswa dan dosen untuk bekerja sama dalam mensukseskan pembangunan dan ikut ambil bagian dalam meningkatkan peran UPR untuk mewujudkan visi dan misi universitas. Selain itu Ketua LPPM berharap lewat kegiatan KKNT Mandiri ini juga memperkuat kerjasama yang terjalin antara UPR dan Pemerintah Daerah, UPR dan industri yang terletak di lokasi KKN. Dikarenakan KKNT Mandiri Tahun 2021 ini masih dilaksanakan dalam situasi pandemik Covid-19, Ketua LPPM juga menghimbau agar mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatannya.

Sementara itu, Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKN adalah salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi (yang di dalamnya, mencakup : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) oleh institusi dan civitas akademika UPR sehingga dapat terwujud sinergitas antara kampus dan masyarakat. Oleh karena itu, Rektor UPR juga mengharapkan berbagai pihak yang berkompeten turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN UPR ini, sehingga benar-benar menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa kami. Khususnya kepada Bapak Camat dan Bapak/Ibu Lurah dan Kepala Desa yang wilayahnya menjadi lokasi mahasiswa KKN UPR.

Rektor UPR menutup sambutannya dengan harapkan agar peserta benar-benar melaksanakan tugas pengabdian masyarakatnya dalam kegiatan KKNT dan menunjukan kemampuan terbaik sebagai mahasiswa UPR. Selain itu Rektor UPR juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan KKNT, terutama kepada Bapak  Bupati  di semua Kabupaten tempat lokasi KKN mahasiswa periode I tahun 2021 atas dukungan penuh yang diberikan terhadap  pelaksanaan kegiatan KKNT Mandiri UPR Tahun 2021.

Total Kunjungan:

428455

Total Kunjungan

113

Pengunjung Hari Ini

446

Total Pengunjung Kemarin

3715

Total Pengunjung Minggu Lalu

142818

Total Pengunjung Perbulan

214227

Total Pengunjung Perhari

0

Total Pengunjung Sedang Online