PEMBUKAAN KKN KEBANGSAAN KE-X DAN KKN BERSAMA UPR


Minggu, 17 Juli 2022 telah dilaksanakan Pembukaan KKN Kebangsaan ke X dan KKN Bersama UPR secara luring dan daring. Melalui sambutannya Ketua LPPM UPR sekaligus Ketua Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan, Dr. Aswin Usup menjelaskan “KKN Kebangsaan diikuti oleh 1.000 mahasiswa dari 73 perguruan tinggi dan 1.300 mahasiswa UPR yang akan mengikuti kegiatan KKN Tematik, sebagai pendamping KKN Kebangsaan. Secara teknis, peserta KKN Kebangsaan nantinya akan dibagi ke 100 desa di 64 Kecamatan di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau”. 



Kegiatan KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama UPR tahun 2022 ini mengusung tema ‘Penerapan Falsafah Huma Betang sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan Menuju Kemandirian Nasional.’ Kegiatan ini, dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, diantaranya Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman, SE, MM. Presiden Ke-5 RI, DR. (HC) Megawati Soekarno Puteri; Sekjen PDI Perjuangan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, MM; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim diwakili oleh Direktur Belmawa Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT; Ketua MPR-RI H. Bambang Soesatyo, SE, MBA.


Lalu, Wakil Menteri (Wamen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. Zainal Arifin; Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto; Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran; bersama unsur Forkopimda di lingkup pemerintah provinsi, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, serta Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSI; Bupati Kabupaten Kapuas Ben Brahim S. Bahat; Bupati Kabupaten Pulang Pisau Pudjirustaty Narang; Camat dan Kepala Desa dari lokasi KKN Kebangsaan; serta Rektor ketua LPPM dan Mahasiswa dari 73 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari sejumlah wilayah di Indonesia.


Dalam sambutannya, Dr. Aswin Usup juga mengungkapkan “KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama UPR tahun 2022 ini bertujuan sebagai upaya untuk memelihara bingkai kebangsaan dan memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, khususnya di tingkat perguruan tinggi”. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, terlebih kepada seluruh Rektor dan Ketua LPPM yang telah memberikan segala bentuk dukungan, dengan mengikutsertakan mahasiswa dan mahasiswinya pada kegiatan ini.


Ditempat yang sama Rektor UPR, Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi mengapresiasi kehadiran sejumlah tokoh nasional, dalam kegiatan KKN Kebangsaan ke -X dan KKN Bersama tahun 2022 ini. “Mari kita membangun semangat kebangsaan, menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang, serta menjaga kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) melalui pendidikan yang berkualitas, dan siap mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul serta mampu bersaing secara global,” ungkapnya.


Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya berharap agar mahasiswa mampu memainkan peranan pentingnya dengan menjadikan pangan sebagai sumber daya strategis yang menentukan hidup matinya suatu bangsa. Apabila sumber pangan dapat diolah dengan baik dan menggunakan sistem distribusi keadilan, maka Indonesia mampu menjadi sumber lumpung pangan dunia. “Dengan ini, saya membuka secara resmi kegiatan KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama tahun 2022, sekaligus meresmikan wacana pembangunan gedung dan patung Bung Karno, sebagai Ikon dari UPR, sekaligus Laboratorium Alam Hutan Gambut seluas 50 ribu hektar sebagai pusat riset gambut Internasional dan saya yakin hal ini akan bermanfaat bagi Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.


Total Kunjungan:

435354

Total Kunjungan

227

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145118

Total Pengunjung Perbulan

18928

Total Pengunjung Perhari

0

Total Pengunjung Sedang Online