Kamis, 12 Oktober
2023 Untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu
kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Dosen Universitas Palangka Raya
melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas
Palangka Raya, melaksanakan Program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat
(PDPWM)
Ketua
LPPM UPR Dr. Ir. Evi Veronica, MS, menjelaskan, kegiatan yang dilakukan
berdasarkan SK Rektor Universitas Palangka Raya Nomor 6250/UN24/AL.04/2023,
tertanggal 11 September 2023, yang pendanaannya bersumber pada DIPA PNBP
Universitas Palangka Raya tahun anggaran 2023.
Kegiatan
berdasarkan Kontrak Pengabdian Kepada Masyarakat Skema PDPWM tahun anggaran
2023 Nomor 0768/UN24.13/AL.04/2023, dan pelaksananya adalah Tim Dosen Program
Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Pertanian Universitas Palangka
Raya (UPR).
Kegiatan dengan Skema Program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat (PDPWM) berjudul “Pemasaran Online Frozen Food Sebagai Salah Satu Alternatif Survive Pasca Covid-19”, dimulai dengan sosialiasi yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2023, pada tanggal 4 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan pemasaran, kemudian pada tanggal 10 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan Evaluasi dan pelaporan, bertempat di Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Tampung Parei Palangka Raya.
Tim pelaksana kegiatan tersebut adalah Norhayani, S,Pi, M.Si (Ketua), Dr. Aryani, S,Pi, MP (Anggota) dan Evnaweri, S,Pi, M.Si (Anggota), Kegiatan yang bermitra dengan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Tampung Parei yang terletak di jalan Tingang VIIB/Bukit Pengharapan No.2 Kota Palangka Raya, diikuti oleh 23 orang peserta yang terdiri dari anggota kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) dan mahasiswa.
Nara sumber kegiatan
adalah dosen Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Pertanian
Universitas Palangka Raya (UPR), Ketua POKLAHSAR Tampung Parei Palangka Raya Yuliatma,
A.Md dan Sri Makmuroh (Anggota POKLAHSAR Tampung Parei Palangka Raya).
Sedangkan produk frozen food yang dikemas dan dipasarkan antara lain : Nugget Ikan, Bakso Ikan, Sosis, Siomay Ikan, Fillet Ikan Patin, Otak-otak dan Cumi Segar.Strategi pemasaran online yang dilakukan oleh POKLAHSAR Tampung Parei yaitu melalui media sosial Facebook, Instagram dan Whatsapp, sedangkan Luaran yang dihasilkan adalah strategi yang tepat dalam pemasaran online frozen food sebagai salah satu alternatif survive pasca covid 19. (LPPM UPR)