UPR TANDATANGANI NOTA KESEPAKATAN DENGAN BADAN INFORMASI GEOSPASIAL (BIG)


Kamis, 21 Juli 2022. Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Universitas Palangka Raya (UPR) telah menandatangani Nota Kesepakatan tentang Pemanfaatan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terkait Informasi Geospasial melalui pembentukan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Data Spesial (PPIDS) Penandatanganan kesepakatan ini bertujuan agar terselenggaranya penjaminan kualitas data dan informasi yang valid dan mampu menambah tingkat kepercayaan dan kepuasan pengguna data khususnya di Kalimantan Tengah. 


Ketua LPPM UPR Dr. Aswin Usup selaku tim pengarah sekaligus perwakilan UPR dalam penandatanganan Nota Kesepakatan mengungkapkan bahwa kesepakatan ini bertujuan untuk menginisiasi kerja sama pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait informasi geospasial. Disisi lain juga untuk mewujudkan pemanfaatan dan pengembangan bersama, ilmu pengetahuan dan teknologi terkait informasi geospasial untuk mendukung pembangunan nasional dan meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi.


Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rahan Gedung Rektorat UPR dan dihadiri langsung oleh Rektor UPR, Dr. Andrie Elia. Rektor UPR ini, mengungkapkan bahwa pembentukan PPIDS ini merupakan wujud Tridarma Perguruan Tinggi untuk mendukung keberlanjutan pengelolaan sumber daya. “Selain itu pembentukan PPIDS juga sangat diperlukan guna mendukung partisipasi aktif UPR melalui Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambur UPR dalam keterlibatan terhadap permasalahan kebakaran hutan dan lahan”, katanya menambahkan. 


Disisi lain Kepala BIG Pusat Prof. Dr. RER. NAT. Muh. Aris Marfai, S.Si, M.Sc, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada UPR terutama kepada Rektor UPR atas terjalinnya kerjasama ini. Beliau mengharapkan melalui kerjasama ini PPIDS UPR dapat berkontribusi dalam percepatan simpul jaringan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai hal-hal yang terkait dengan kerjasama BIG dan UPR antara lain Arahan Penyelenggaran Informasi Geospasial, Diskusi Panel dan Kuliah Umum Kepala BIG dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Penataan Ruang Wilayah yang Optimal”.

Total Kunjungan:

435339

Total Kunjungan

212

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145113

Total Pengunjung Perbulan

18927

Total Pengunjung Perhari

0

Total Pengunjung Sedang Online