Webinar Nasional “Pendidikan dan Pembangunan Pedesaan yang Berwawasan Kebangsaan” Tema: Jadilah Mahasiswa Unggul dan Cinta Tanah Air


Rabu, 22 September 2021. LPPM Palangka Raya mengadakan webinar nasional yang berjudul “Pendidikan dan Pembangunan Pedesaan yang Berwawasan Kebangsaan”. Dengan tema “Jadilah Mahasiswa Unggul dan Cinta Tanah Air”. Webinar ini merupakan acara lanjutan bagi mahasiswa KKN Periode I Tahun 2021 yang telah menyelesaikan pengabdiannya kepada masyarakat sekaligus menjadi penutup kegiatan KKN Tematik Periode ini. Acara dimulai dengan mendengarkan sambutan Presiden RI pada Pertemuan Majelis Rektor PTN Indonesia. 

Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan webinar dapat menumbuhkan kecintaan mahasiswa peserta KKN Tematik  akan tanah air Indonesia. Pada KKN Tematik Reguler tahun 2021 ini, mahasiswa KKN telah melakukan kontribusi membantu masyarakat yang mengalami banjir di wilayah-wilayah banjir dan kampanye pencegahan stunting, program ketahanan pangan, pengembangan PAUD, Pengembangan Administrasi Desa dan Website Desa. Ketua LPPM UPR juga mengharapkan bahwa Universitas Palangka Raya dapat mensejajarkan diri dengan Universitas lain yang ada di Indonesia. 

Kegiatan webinar ini dibuka oleh Rektor Universitas Palangka Raya yang diwakili oleh Wakil Rektor Akademik Prof. Salampak, MS yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa generasi muda sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan dan penyiapan sehingga nanti generasi ini memiliki karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negara, memiliki keberanian yang tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing dan mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk dapat bersaing secara global. Membangun desa dengan kegiatan KKN merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa yang sudah dilakukan oleh LPPM UPR.  Dari webinar ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana bentuk cinta tanah air dan Nasionalisme. 

Webinar menghadirkan 3 narasumber sebagai pembicara yaitu Marsekal Muda TNI Achmad Sajili yang menjabat sebagai Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional dengan tema pembicaraan “Pentingnya Rasa Cinta Tanah Air Dimiliki Oleh Mahasiswa”, Dr. Willy Midel Yoseph, M.M sebagai Anggota DPR-RI komisi  Dapil Kalimantan Tengah dengan tema pembicaraan “Menjadi Sarjana Penggerak Pembangunan Desa”  dan Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si menjabat sebagai Anggota DPR-Ri Komisi 10 Dapil Kalimantan Barat dengan tema pembicaraan “Peran Mahasiswa Dalam Mendukung Kebijakan Pendidikan Nasional”

Total Kunjungan:

435325

Total Kunjungan

198

Pengunjung Hari Ini

495

Total Pengunjung Kemarin

2163

Total Pengunjung Minggu Lalu

145108

Total Pengunjung Perbulan

18927

Total Pengunjung Perhari

5

Total Pengunjung Sedang Online